Tuesday, July 31, 2012

Dewinza Heriza Putri Kopi Gayo 2012


Takengon, (Analisa). Dewinta Heriza (18) siswi SMA Negeri 1 Takengon terpilih sebagai Puteri Kopi Gayo 2012, setelah menyisihkan dua pesaingnya, Mutia Zahra asal SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah dan Aida Fitri Isaq.
Dewinta akan mewakili Aceh wilayah tengah ke ajang Putri Kopi tingkat Provinsi Aceh pada 19 Mei mendatang di Museum Tsunami Banda Aceh.

Kegiatan pemilihan Putri Kopi Gayo diadakan Forum Abang Aka Takengon (FAKAT) yang didukung sejumlah pihak. Sebanyak 20 peserta dari tiga wilayah tengah yakni Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues ikut meramaikan kompetisi puteri kopi. Acara puncak pemilihan Putri Kopi Gayo 2012 berlangsung di Hotel Bayu Hill, Rabu (9/5) malam.

Selama 4 hari para peserta dibina dan diharuskan menjawab sejumlah pertanyaan dari 5 dewan juri yang menyeleksi. Para dewan juri masing-masing Wahyuni, M.Psi (psikolog), Jamaluddin (syariat Islam), Elfitra,SST (pariwisata), Yuli Fitri Lia MPA (tentang kopi) dan Masna Manurung (umum).

Acara pemilihan Putri Kopi Gayo dibuka Pj bupati diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Aceh Tengah, M Hasan Saleh, dihadiri antara lain Kapolres AKBP Dicky Sondani, jajaran IOM Sega, Ketua Masyarakat Perlindungan Kopi Gayo (KMPKG) Drs Mustafa Ali dan sejumlah pengusaha dan pemerhati kopi.

Mustafa Ali menyebutkan, kopi asal Gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas. Ke depan pembeli kopi Gayo akan langsung turun ke daerah sehingga akan menguntungkan petani kopi.

Menyangkut kegiatan pemilihan Putri Kopi Gayo, menurut Mustafa Ali merupakan bentuk kreatifitas yang bagus dan perlu mendapat dukungan semua pihak.(jd)
sumber: analisadaily.com

No comments: